TCP/IP dan IP Addresing

tcp_ip_einfuehrungTCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack

Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet. Protokol ini juga bersifat routable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda (seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan yang heterogen.

Protokol TCP/IP selalu berevolusi seiring dengan waktu, mengingat semakin banyaknya kebutuhan terhadap jaringan komputer dan Internet. Pengembangan ini dilakukan oleh beberapa badan, seperti halnya Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Engineering Task Force (IETF). Macam-macam protokol yang berjalan di atas TCP/IP, skema pengalamatan, dan konsep TCP/IP didefinisikan dalam dokumen yang disebut sebagai Request for Comments (RFC) yang dikeluarkan oleh IETF.

tcp_ip8

IP addressing
Alamat IP direpresentasikan oleh 32 bit unsigned biner. Ini biasanya dituliskan dengan format . (dot). Contoh 9.167.5.8. IP ini dapat di mapping kan dengan sebuah nama, sebagai sebuah symbol nama  yang mudah untuk dibaca, seperti okeoke.com, yang dilakukan menggunaka domain name system.

IP address
Alamat IP standar digunakan untuk mengidentifikasi sebuah host di internet, masing-masing host ditandai dengan sebuah alamat, alamat IP, atau dalam beberapa kasus alamat Internet. Ketika sebuah host terhubung dengan lebih dari satu network, ini disebut dengan multihomed dan mempunyai alamat IP untuk masing-masing network. Nomor IP terdiri dari sepasang nomor , yaitu :

IP address = <nomor jaringan><nomor host>

Alamat IP mengidentifikasi sebuah interface dapat menerima atau mengirim IP datagram. IP datagram adalah paket basis data yang dikirimkan antar host. IP datagram mengandung alamat IP asal dan alamat IP tujuan. Untuk mengirim datagram sehingga diperoleh IP tujuan, dibutuhkan transmisi dalam jairngan atau mapped ke alamat fisik.
Pembagian nomor jaringan dari sebuah IP diatur oleh salah satu dari tiga regional internet register (RIR):
–    American Registry for Internet Number (ARIN),
–    Reseaux IP Europeans (RIPE)
–    Asia Pacific Network Information Centre (APNIC)

Kelas IP
Penamaan IP terbagi menjadi 5 kelas yang setiap kelasnya tersusun menjadi beberapa konfigurasi, dan terbagi berdasarkan fungsinya, yaitu :
Kelas A : alamat ini menggunakan 7 bit pertama untuk alamat jaringan dan 24 bit selanjutnya untuk alamat host, disini akan dizikan untuk memebentuk 126 network dan 16.777.214 host. Ciri khas nomor untuk kelas ini adalah nomor awal dimulai dari 0 – 127
Kelas B : alamat ini menggunakan 14 bit pertama untuk alamat jaringan dan 16 bit selanjutnya untuk alamat host, disini akan dizikan untuk memebentuk 16382 network dan 65534 host. Cirri khas nomor untuk kelas ini adalah nomor awal dimulai dari 128 – 191
Kelas C : alamat ini menggunakan 21 bit pertama untuk alamat jaringan dan 8 bit selanjutnya untuk alamat host, disini akan dizikan untuk memebentuk 2097150 network dan 254 host. Cirri khas nomor untuk kelas ini adalah nomor awal dimulai dari 192 – 223
Kelas D : alamat ini digunakan untuk keperluan multicast.
Kelas E : alamat ini digunakan untuk keperluan eksperimen

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s