BBM turun, Sapa yang Untung…??

bbmPemerintah sudah menetapkan bahwa per tanggal 1 desember nanti BBM bersubsidi akan turun harga menjadi Rp. 5500,00 per liter premium…. Hal ini dikarenakan stabilnya harga minyak dunia dikisaran 70$ per barrel…..

Dengan turunnya harga BBM ini, Siapakah yang bakal diuntungkan…..??

Jika anda berpikiran bahwa rakyat kecil akan mendapatkan keuntungan dengan diturunkannya BBM ini, eits….. tunggu dulu, masalahnya yang turun tuh hanya premium aja….. lha solar ma minyak tanah yang dah lekat di hati rakyat gak ikut turun koq….. masa mau ganti goreng ikan di dapur pake premium…. lha lak jadi tambah mahal….??? harga-harga lain kliatannya juga sulit buat turun, yang alasan transport lah, apalah….. lha wong jasa transpotnya sendiri juga gak mau turun….

kalau mau itung-itungan, yang dipermasalahkan dalam perhitungan pengaruh komponen harga bahan bakar terhadap harga pokok atau tarif angkutan, penurunan harga bahan bakar setiap 10 persen, hanya berpengaruh sebesar 2,8 persen hingga 3,4 persen terhadap penurunan tarif angkot. sederhananya tarif angkutan darat dalam kota yang biasanya sebesar Rp 2.500 – Rp 6.000, dengan perhitungan di atas, paling banyak hanya akan berkurang sekitar Rp 100-200.

Kalau semua harga barang didasarkan pada ongkos angkot, bisa diperkirakan, bahwa penurunan harga BBM tidak akan memberikan pengaruh yang begitu besar bagi rakyat kecil…. Lalu, siapakah yang diuntungkan…??? Ada indikasi bahwa penurunan harga BBM ini berkaitan dengan peningkatan pamor kepimimpinan SBY-JK yang sebentar lagi segera berakhir….. Bagi rakyat kecil seperti ane-ane ini, penurunan Rp. 500,00 juga dah kliatan wah banget, ktimbang gak sama sekali, tul gak…… Apapun alasannya, pemerintah dah mengambil keputusan buat menurunkan harga BBM ini, semoga tidak langsung naik lagi setelah pemilu 2009 nanti selesai dilaksanakan……

NB: jawaban yang paling bener untuk judul post diatas, tentu aja biker….. gimana nggak, 500 kali 1000 kilo juga dah 500.000 kilo… heheheeee…….. becanda….

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s