Streaming Vs Download

Setiap orang pasti memiliki hobi dan keinginan. Namun, seringkali hobi dan keinginan kita tersebut tidak dapat kita lakukan disebabkan oleh kesibukan dan keterbatasan waktu yang kita miliki. Rutinitas dan kesibukan kita dalam pekerjaan maupun dalam mengurus rumah tangga bisa jadi telah membatasi kita untuk menyaksikan pertandingan sepak bola dari tim kesayangan kita, atau membatasi kita untuk menonton konser musik dari grup band favorit kita. Padahal pertandingan ataupun konser musik tersebut adalah sebagian dari hobi kita.

Kita mungkin pernah membayangkan dapat menonton konser musik band favorit kita secara langsung, atau menyaksikan pertandingan sepak bola dari tim kesayangan kita tanpa harus meninggalkan kesibukan kita. Ketika sedang menonton, Anda mungkin sedang duduk-duduk di kantor atau sedang tidur-tiduran di tempat tidur di kamar Anda. Anda tidak perlu hadir di tempat konser untuk dapat menonton konser tersebut. Bukankah ini sesuatu yang sangat mengasyikkan.

Teknologi yang mampu melakukan hal tersebut adalah teknologi streaming. Teknologi ini memungkinkan suatu kejadian direkam dan disiarkan langsung melalui jaringan komunikasi data yang tersedia dan disaksikan menggunakan perangkat komunikasi (misalnya ponsel). Saat ini telah tersedia jaringan komunikasi generasi ketiga (3G) yang memungkinkan pengiriman data (gambar dan suara) dengan kapasitas besar. Jadi, teknologi streaming dapat dijalankan melalui jaringan 3G. Ini artinya fasilitas streaming dapat dilakukan menggunakan ponsel yang dapat berjalan pada jaringan 3G. Dan menonton live concert yang disiarkan secara streaming dapat dinikmati di ponsel.

download-button

Download vs Streaming

Pada prinsipnya ada dua metode penyampaian content multimedia ke client, yaitu streaming dan download. Setiap metode memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Pemilihannya bergantung pada bandwidth jaringan yang digunakan, karakteristik content dan bagaimana content dipresentasikan. Dalam metode download, content ditempatkan pada suatu server misalnya web server. Client kemudian mendownload seluruh file dan menyimpannya dalam harddisk lokal, dan menggunakan media player yang tepat untuk menampilkan aplikasi multimedia tersebut. Keuntungan metode ini adalah content disimpan pada harddisk lokal, sehingga dapat dimainkan kapan pun tanpa harus koneksi ke jaringan. Selain itu, kualitas content tidak bergantung pada kondisi jaringan. Sedangkan kerugiannya adalah download memerlukan waktu dan tempat penyimpanan pada harddisk lokal. Ini akan sangat menyulitkan apabila content yang didownload memiliki kapasitas besar yang memakan tempat yang besar pada harddisk.

Berbeda dengan metode download, pada metode streaming client mempresentasikan content yang datang dari jaringan secara langsung tanpa mendownload seluruh content terlebih dahulu. Content streaming pada dasarnya tidak pernah didownload, paket-paket content dipresentasikan ketika datang kemudian dibuang. Metode ini sangat cocok untuk memainkan presentasi yang memiliki durasi content yang tidak terbatas waktunya (memakan waktu yang sangat panjang), misalnya untuk acara yang sifatnya live (siaran langsung) seperti radio dan TV on demand. Video streaming adalah salah satu aplikasi yang dapat diimplementasikan dengan cara ini. Pada metode ini, client tidak memiliki salinan dari content tersebut. Kerugian metode ini adalah kualitas presentasinya sangat bergantung pada kondisi bandwidth jaringan. Kondisi jaringan yang buruk dan fluktuasi bandwidth akan menghasilkan gangguan yang sangat berarti pada kualitas presentasi. Namun, kerugian ini telah diatasi dengan hadirnya teknologi 3G yang mampu menyalurkan data berkapasitas besar dengan cepat.

Streaming Menggunakan Ponsel

Dari dua macam metode penyampaian content di atas, maka yang paling cocok untuk diterapkan pada ponsel adalah metode streaming. Pada metode download, diperlukan kapasitas penyimpanan yang besar. Hal ini sulit dipenuhi oleh ponsel. Walaupun saat ini tersedia berbagai kartu memori dengan kapasitas beberapa GB, tetap saja tidak praktis untuk menyimpan konten-konten hasil download berkapasitas besar untuk dimainkan di ponsel. Oleh karena itu, metode streaming adalah metode yang sangat tepat untuk dijalankan menggunakan ponsel.

Ponsel, sebagai perangkat komunikasi yang sangat umum dan mobile, sangat tepat untuk menjalankan streaming dan akan banyak manfaat yang bisa diperoleh. Ponsel yang dapat melakukan streaming dapat kita gunakan untuk melakukan hobi maupun keinginan kita tanpa perlu meninggalkan aktivitas yang sedang kita jalankan. Ini menjadi sangat mungkin karena sifat ponsel yang fleksibel dan mobile yang dapat selalu kita bawa ke mana pun kita pergi.

streaming-video-audio-9

Mengenal Teknologi Streaming

Ada dua macam subkategori streaming, yaitu on-demand stream dan webcast stream. On-demand stream dikontrol oleh client sedangkan webcast stream dikontrol oleh server. On-demand stream diaktifkan oleh permintaan user dan dapat dipresentasikan kapan saja sesuai dengan perintah client dan content disimpan di dalam server. Secara sederhana, on-demand stream dimisalkan seperti melihat video kaset, kita dapat melakukan fast-forward, rewind, maupun pause terhadap proses presentasi.

Pada webcast stream client hanya dapat menentukan kapan suatu content dimulai dan diakhiri. Sekali presentasi dimulai client tidak dapat melakukan proses apapun sampai presentasi diakhiri oleh client maupun karena waktu presentasi telah selesai. Jika webcast adalah suatu peristiwa yang sifatnya live, user harus melakukan hubungan pada server webcast stream untuk melihat content sesuai jadwal yang telah ditentukan. Proses ini dapat dimisalkan seperti kita menonton televisi atau mendengarkan radio di mana yang mengatur content presentasinya adalah stasiun TV radio tersebut.

On-demand stream dapat digunakan dalam TV on-demand, yaitu siaran TV yang programnya telah direkam terlebih dahulu dan kemudian disimpan di dalam server untuk diakses oleh user. Sedangkan webcast stream dapat diterapkan untuk menyelenggarakan siaran langsung, seperti konser musik atau siaran langsung pertandingan sepak bola.
Kedua macam streaming ini dapat dilakukan menggunakan ponsel. Maka menonton siaran langsung sepak bola dapat dilakukan melalui ponsel menggunakan teknologi streaming. Selain itu, jika kita tidak sempat menonton suatu program TV, kita masih dapat menontonnya melalui TV on-demand di ponsel.
Komponen-komponen Dalam Streaming Media
Streaming media merupakan suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang saling mendukung. Komponen-komponen yang diperlukan untuk melakukan streaming media adalah sebagai berikut:
  1. Media source, yaitu sumber yang akan menampilkan suatu content presentasi. Media source dapat berupa suatu file atau sumber yang sifatnya live, seperti kamera video atau microphone.
  2. Encoder adalah program yang digunakan untuk mengubah media source ke format yang sesuai untuk streaming. Biasanya memiliki kompresi yang cukup tinggi untuk mengatasi keterbatasan bandwidth jaringan.
  3. Media server digunakan untuk mendistribusikan on-demand atau webcast suatu content ke client. Juga bertanggung jawab untuk mencatat semua aktivitas streaming, yang nantinya digunakan untuk billing dan statistik.
  4. Player dibutuhkan untuk menampilkan atau mempresentasikan content multimedia (data stream) yang diterima dari media server. File-file khusus yang disebut metafile digunakan untuk mengaktifkan player dari halaman web. Metafile berisi keterangan dari content multimedia. Browser web mendownload dan meneruskan ke player yang tepat untuk mempresentasikannya. Selain itu, juga berfungsi untuk melakukan dekompresi.

Masalah Streaming Multimedia

Dalam melakukan streaming multimedia, untuk menghasilkan presentasi yang baik seringkali timbul kendala. Kendala-kendala yang dapat terjadi dalam melakukan streaming multimedia adalah sebagai berikut:

  1. Bandwidth
    Bandwidth sangat berpengaruh terhadap kualitas presentasi suatu data stream. Di samping kondisi jaringan juga mempengaruhi bandwidth, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran data stream harus sesuai dengan kapasitas bandwidth jaringan. Untuk mengatasinya digunakan kompresi data dan penggunaan buffer.
  2. Sinkronisasi dan delay
    Agar media yang berbeda sampai dan dipresentasikan pada user seperti aslinya, maka media tersebut harus tersinkronisasikan sesuai dengan timeline presentasi tersebut dan delay seminimal mungkin. Adanya kerugian sinkronisasi dan delay dapat disebabkan oleh kondisi jaringan yang buruk, sehingga mengakibatkan timeline presentasi menjadi kacau.
  3. Interoperability
    Idealnya adalah presentasi yang kita buat harus dapat dimainkan oleh semua jenis client, CPU yang berbeda, sistem operasi yang berbeda, dan media player lainnya.

Khusus untuk masalah yang berhubungan dengan kondisi bandwidth jaringan dapat diatasi dengan menerapkan teknologi 3G. Teknologi ini dapat menyediakan lintasan data dengan kecepatan transfer yang tinggi. Dengan menerapkan teknologi 3G diharapkan mampu menyelenggarakan video streaming dengan kualitas yang baik sekaligus menjadi alternatif untuk melakukan berbagai macam aplikasi seperti TV on demand, live TV, maupun belajar jarak jauh (e-learning).

Tantangan Buat Operator Telekomunikasi

Melihat potensi yang besar dari penggunaan streaming di ponsel, sayang jika potensi ini tidak dimanfaatkan secara maksimal. Dengan digunakannya teknologi 3G dalam rangka meningkatkan layanan kepada pelanggan, streaming menjadi salah satu fasilitas yang dapat dijadikan daya tarik untuk menarik pelanggan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan. Operator telekomunikasi dituntut untuk menyediakan layanan yang diharapkan oleh para pemakai jasa telekomunikasi, seperti TV on demand, Live TV, maupun konten-konten yang dapat menunjang pendidikan. Karena secanggih apapun suatu teknologi jika tidak digunakan secara maksimal, tidak akan ada artinya (sia-sia).

Penutup

Pada tulisan ini telah dipaparkan teknologi streaming dan penerapannya pada ponsel. Dalam hal ini, teknologi 3G menjadi sarana yang sangat diharapkan mampu mengimplementasikan teknologi streaming ini. Sesuatu yang dahulu belum terbayangkan, seperti menonton TV lewat ponsel menjadi mungkin dilakukan. Jadi, ketika jarak, waktu, dan kesibukan menghalangi Anda untuk menyalurkan hobi Anda, mainkanlah ponsel Anda.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s